Tuesday, November 20, 2007

Karyawan Anda Bermasalah ?

Jangan Sampai Perusahaan Anda Mengalami Hal Ini
by Roni Yuzirman, founder komunitas TDA dan owner Manet Vision

Assalamu'alauikum wr. wb.

Tahun ini perusahaan saya mendapat banyak pelajaran berharga.Di awal tahun ini disainer saya tiba-tiba mengundurkan diri ditengah-tengah deadline produksi yang begitu padat.Saya kelabakan. Mau ditolak, tidak bisa. Itu hak dia.Akhirnya, terpaksa ia saya lepas dengan berat hati.Dampaknya, jadwal produksi berantakan. Banyak produk yang terlambatmasuk di gudang. Komplain pelanggan mulai bermunculan.Menjelang bulan puasa, sekali lagi kami mendapat pukulan telak.Karyawan di bidang pelayanan atau customer service mengundurkan diripula. Kali ini alasannya karena ingin membantu usaha orang tuanya.Hal ini juga tidak bisa saya cegah. Apalagi itu adalah permintaanorang tua dan suaminya sendiri.Kembali lagi, Manet sempat linglung dibuatnya. Kualitas pelayanandrop. Komplain berdatangan karena banyaknya keterlambatan dankelemahan dalam pelayanan.Karyawan yang menggantikannya belum cukup handal mengambil alihpekerjaan yang ditinggalkannya.Dua kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi saya.Planning sudah dibuat sedemikian rapi dan matang. Namun, dalampelaksanaannya tidak berjalan mulus. Hengkangnya 2 karyawan kunci iniadalah salah satu penyebab limbungnya Manet tahun ini.Saya tidak menyesalinya. Ini adalah pelajaran berharga yang harus ditelan.Ternyata saya tidak sendirian. Banyak juga teman-teman TDA yangmengalami hal serupa saya.Pak Iim juga baru saja ditinggalkan oleh salah satu karyawan kuncinya.Bu Yulia juga berulang kali bercerita sulitnya mengelola SDM di salonmiliknya dalam sesi kelompok mastermind kami.Maka dari itu, kami sepakat bahwa perlu diadakan sebuah sesipencerahan mengenai pengelolaan SDM di lingkungan Komunitas TDA ini.Gayung bersambut. Usulan ini langsung ditanggapi oleh Pak Hasan denganTDA Management-nya.Insya Allah Sabtu, tanggal 24 November ini akan diadakan workshop mengenaipengelolaan SDM untuk perusahaan UKM yang akan diisi oleh nara sumberIr. Zainal Abidin dari Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Republikayang juga mengisi rubrik konsultasi di Era Muslim dan talkshow diRadio Trijaya FM. Selain itu juga ada Masbukhin Pradhana, seorangpraktisi bisnis di bidang seluler akan berbagi pengalaman mengelolaSDM di tengah-tengah pertumbuhan bisnisnya yang begitu cepat.

Lokasinya di RM Wong Solo-Rawamangun, pukul 09-14 ya.
-Roni-
Khusus milis Bisnis Smart ada undangan terbatas untuk mengikuti workshop ini. Segera kirimkan emailpendaftaran ke saya di http://us.f526.mail.yahoo.com/ym/Compose?To=ecobisnis@yahoo.com dengan mencantumkan subjek : *Sharing Manajemen UKM* dan langsung lakukan transfer sejumlah Rp. 65.000 ke Mandiri no rek. 103-0004441461 atas nama Eko Junaedi. Untuk informasi hubungi 0816102452.Be there, or be behind. Jangan sampai perusahaan anda mengalami apayang saya dan teman-teman alami.Salam FUUUNtastic!
Eko June
Moderator
http://www.ekojune.com/ YM : eko_juna

anda tidak perlu hebat untuk memulai,
tetapi anda harus memulai untuk menjadi hebat

No comments: