Thursday, December 6, 2007

Berkawanlah dengan Media !

Kemarin saya sempat baca berita di Kompas, KH Hasyim Muzadi yang menjadi pembicara dalam sebuah seminar tentang Media menyebutkan bahwa Media memiliki kekuatan melebihi partai politik.
Bayangkan, Parpol yang memiliki massa jutaan saja dibuat tidak berdaya dengan berita dan liputan2nya. Kita menemuai Berita terkini dari televisi atau dari online news. Beritanya begitu cepat, gencar, massal dan efeknya pasti dahsyat.
Saya masih teringat bagaimana saya berjumpa dengan mas Eben, pimred majalah Duit. Di Majalah Duit (dulu Bisnis Kita) inilah artikel saya tentang wirausaha pertama kali dimuat. Mbak Eka, redaktur tabloid Peluang Usaha. Juga mas Isdianto, Pimred sekaligus owner majalah Wirausaha dan Keuangan, saat Kopdar milist ini di Depok. Saya pun masih sering menelepon reporter Metrotv yang saat itu meliput laundry kiloan saya. Juga produser2 di Metrotv. Saya pun masih suka jalan2 ke gramedia untuk melihat perkembangan buku saya dan menelepon orang Elex untuk mengabarkannya. Saya masih suka kirim SMS atau sekedar say hello kepada redaktur majalah SWA. Juga penyiar radio, dan rekan2 lain di media yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
Apa yang sedang saya lakukan? Berteman dengan media. Tetap menjalin komunikasi dengan media. Meskipun kita tidak sedang diliput, kalau perlu, mereka suatu hari pasti akan perlu. atau tepatnya kita menjadi saling memerlukan dan terjadilah sinergi.
..............
Bisnis kita yang kita inginkan menjadi unggulan, akan mudah diketahui keunggulannya oleh pihak lain dari media. Apa yang Anda dapatkan, setidaknya calon konsumen. Bisa juga investor, supplier, karyawan handal, dll.

Meskipun kita berkawan dengan teman2 media, kita juga bisa menahan diri untuk tidak terus menerus tampil. Entar publik malah bosan. Jadi diatur saja ritmenya.
..............
Untuk menampilkan cerita/artikel di media tentu kita perlu belajar menulis. Mulailah dari milist atau blog Anda. Anda bisa mencantumkan alamat blog Anda di bawah nama Anda, saat posting. Biar rekan yg lain bisa melihatnya.

Jadi mari kita ramaikan postingan milist ini, biar dunia melihat keunggulan Anda. karena di milist ini penuh dengan orang yang unggul. Mari kita berbagi keunggulan.

Salam entrepreneur !

Masbukhin Pradhana

2 comments:

Agus Suhanto said...

Betul sekali Pak Masbukhin. Menurut bukunya Mark G Nolan yg baru saya baca, media adalah komponen faktor kali / leverage yang sangat efektif untuk kesuksesan bisnis ataupun karir kita.

Thanks & rgds,
Agus Suhanto
http://SUHANTO.blogspot.com
081-SUHANTO

Unknown said...

thank atas tulisan2nya dan menjadikan inspirasi bagi saya

ali a [Owner ABgroup]
http://www.1st-ABgroup.blogspot.com