Thursday, September 13, 2007

Beli Kios Lagi ? Siapa Takut.. takutnya sudah HABIS

Tadi pagi saya jalan-jalan mau lihat-lihat suatu daerah di Jakarta Utara. ceritanya saya mau buka cabang lagi untuk menampung pelanggan yang sudah terlalu banyak, demi kenyamanan pelanggan juga.Memang daerahnya lumayan ramai, jadinya cari kios yang disewakan cukup susah. Ada juga ruko 3 laintai yang menurut saya terlalu mebadzir. Sempat ada ruko di sebelah tempat Foto,cuci,cetak merk terkenal yang dijual. Harga yang ditawarkan 700 jt. Saya tidak menawar karena masih mencari alternatif lain.
Setelah melihat sebuah papan iklan Telah dibangun (tapi belum jadi, masih pancang pondasi) sebuah Mall. Mallnya kecil sekitar 600-700 kios, dengan 3 lantai. Seperti biasa, lantai ground dan upper ground untuk garment dan lantai 1 untuk elektronik dan cellular. Saya pun langsung melihat gambar lantai 1. Belum banyak yang membeli. baru terjual beberapa kios.
Melihat lokasi yang strategis, saya sangat tertarik. Tapi pengembangnya memang bukan pengembang besar. Designya mirip pasar Tanah Abang blok A mini. Katanya sih pengembangnya pak Haji ... (lupa).
Saya sih nekat, membook 2 kios. Menurut pengalaman, 1 kios terlalu kecil. Mau beli 3 atau 4 kios, rasanya (otaknya sudah jadi rasa semua) belum waktunya. Ya udah, ambil 2 aja dulu. Harusnya booking fee-nya 2 x 10 jt, tapi saya baru kasi 5 jt. Saya kan gak bawa duit, emang gak niat beli kios. Saya telepon karyawan saya untuk membawa uang cash. Yang 15 juta saya bayarkan hari Rabu depan. Biasa, sudah pengalaman dalam tawar menawar. Tentu cerita ini berbeda dengan bayar Book Fee dengan kartu kredit 3 tahun silam. Oh yaa, kios yang saya beli di JaCC baru 3 hari lalu diberi kunci. Gila juga yaa! Maunya untung cepat, eeh malah tertunda. Mudah2an ada hikmahnya. Yang jelas.... cicilannya kurang 4 kali (4 bulan lagi).
Cara bayarnya mall mini ada 3 pilihan:1. Cicilan 30 kali. Ada skemanya.2. Cicilan 48 kali. Pasti ada bunganya doonk3. KPK (Kredit Kepemilikan Kios) bisa sampai 10 tahun.
Menurut jadwal, mall mini ini baru akan jadi Agustus/Sep tahun 2008. Ini pun belum ada diperjanjian atau iklan. Kalau gak jadi gimana donk ?
Karena saya sudah punya back up, maka saya 1/2 nekad. Yang 1/2 lagi tentu masih khawatir karena ada yang belum PLONK !
Bagaimana kelanjutannya ?Tentu waktu ke depan yang bisa menjawabnya. Kita tidak punya hak untuk mengetahuinya. Itu kan hak Tuhan. Kalau menduga dan meprediksi masih bisa.
Apakah ini juga dinamakan BODOL ?Siapa yang diBODOLI? Saya yang hitang kepada pengembang atau malah bisnis pengembang yang memanfaatkan uang cicilan saya untuk bangun mallnya.
Yang penting bukan itu: Bisnis adalah saling memberikan keuntungan. Kalau ada pihak2 dalam bisnis yang dirugikan (secara sengaja) maka kerja sama bisnis tidak akan langgeng.
Selamat menikmati !
Salam Entrepreneur !
Masbukhin Pradhana

No comments: