Monday, August 6, 2007

Haruskah daku pergi jauh ?

Wuaah, akhirnya posting lewat HP-ku berhasil. Posting kemarin ini berhasil setelah aku mengupgrade OS-nya.
Saat ini saya masih di Bontang, menunggu pesawat ke Jakarta. Tadinya sempat agak ngeri naik pesawat kecil dari Balikpapan menuju Bontang, tapi ternyata penerbangannya dengan ketinggian rendah menyenangkan. Bisa melihat dari dekat sisa kebakaran hutang di masa lalu yang rupanya masih mengepulkan sedikit asap di beberapa titik.
Kota berpenduduk 120 ribuan jiwa ini nampak rapi dan elok. Sayangny aacaranya padat banget, jadinya belum bisa menjelasaj semua Bontang. Tapi untuk urusan makanan, masih sempat mencicipi Kepiting raksasa danudang besar yang uenaak tenan.
Berbahagialah teman2 yang tinggal di daerah ramai, karena probabilityuntuk laku menjadi lebih besar. Dan itulah ujian kreatifitasnya. Sayapercaya, kecepatan bisnis saya juga ditunjang karena saya tinggal di Jakarta. Tetap ada peluang di mana2. Tapi kalau lead (calon customernya) sedikit, tentu customernya juga sedikit.
"Berarti cak Bukhin menganjurkan kita yang ada di daerah pindah kedaerah yang lebih ramai ?", pikir Anda.
Bisa ya bisa juga tidak.Kalau Anda masih enjoy dengan kondisi sekarang, ya jalani saja.Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis adalah Merantau/HIJRAH. Dengan merantau, ada faktor keterpaksaan yang kita buat. Naah, salah satu alternatif daerah pindah adalah ke daerah yang memiliki potensi bisnis yang lebih tinggi. Bukan harus dari luar Jawa ke Jawa, atau daru kota lain ke Jakarta.
Ada seorang teman yang hijrah ke Banjarmasin dari Solo. Di usia yangmuda beliau berhasil membuka kursus profesi program D1, membuka 2 Primagama dan 4 gerai kremes Solo. Dia berjuang bersama istritercinta dengan 2 orang anaknya.
Kalau lokasi/daerah Anda kurang mendukung iklim usaha, tentu Anda bisamempertimbangkan untuk Hijrah ?Apakah Anda siap untuk memulai pengenalan suatu daerah lain? Masih punya Energi ? Masih punya semangat ?Kalau jawabannya 'Ya', Lakukanlah !

Salam Entrepreneur !
Masbukhin Pradhana
masih di Sepinggan Air Port

No comments: