Friday, June 6, 2008

Yang Sukses hanya 4 %. Haruskah diikuti ?

Sering kita baca di buku atau dengar di seminar, berdasarkan statistik di Amerika, bisa juga dipakai di belakahan dunia manapun, bahwa orang yang memulai usaha dan sukes di 1 tahun pertama adalah : 20 %. Artinya yang 80% GAGAL. Jadi jikalau dari kita ada yang masuk yang 80% berarti NORMAL. Karena biasanya yang mayoritas ini lah yang sehat, benar, dll.Begitu pun masih menurut statistik, dari 20 % yang berhasil di tahun pertama yang berhasil lulus sampai tahun ke-5 (baca: bisa berkembang dan tidak mati) hanyalah 4% dari yang sukses di tahun pertama. Jadi yang bisa bertahan sampai 5 tahun hanyalah : 4 %.

Saya jadi ingat, pasca krisis moneter 1998, saya mulai usaha. Dari jualan kripik tempe, kacang bakar, beli kacang di sawah dan dijual ke pasar, dll yang berakhir kegagalan. Saya berhenti dan mengklaim diri GAGAL.
Pada tahun 1999, saya pun tertarik untuk berbisnis lagi. Kali ini jualan beras. Mengirim dari toko yang satu ke toko yang lain. Berkeliling dari pasar yang satu ke pasar yang lain. Kadang pakai vespa/bajai kadang pakai ce-tul (Daihatsu Pick Up 83). Bisnis ini bertahan sampai 2,5 tahun. Bisnis berhenti dan hutang pun melimpah. Untung tak dapat, tapi hutang malah banyak.
Meskipun GAGAL, tapi masuk kategori bertahan di 1 tahun pertama dan baru masuk kategori : 20%.
Saya pun merantau ke Jakarta. Capek sudah memulai usaha. Gak ada motivasi lagi. Enakan kerja dapat gaji, bisa bayar hutang.
Bekerja sudah berjalan 1 tahun. Melihat peluang di Jakarta, saya tertarik memulai bisnis lagi. Dari kecil2an. Dari beberapa bisnis. Berkembang2, akhirnya memilih hanya 1 bidang bisnis pada tahun ke-3.
Kini bisnisku telah berjalan 4 tahun 6 bulan. Semoga bisnisku bisa masuk 4 % dalam 6 bulan mendatang.AKu sih yakin, tantangan ke depan masih banyak. Berbekal keyakinan, doa dan semangat terus belajar, aku yakin bisa MENANG. Amiien..................
Pertanyaannya: Apakah orang yang ingin sukses harus melewati KEGAGALAN ? Adakah Short Cut nya ?

3 comments:

WURYANANO said...

Uraian yang mengingatkan, bahwa memang tidak mudah untuk meraih sukses ...hehehe...

Btw, jika dihitung yang sukses bertahan sampai 5 tahun itu 4% dari 20%...maka coba dihtung ulang, itu kan kurang dari 1% dari keseluruhan...hehehe, tambah kelihatan sulit lagi...

Dan memang, sukses tidak ada jalan pintas...kecuali punya orang tua atau mertua Trilyuner...hwekekekek.

Salam dari Surabaya.

Masbukhin Pradhana said...

wuaah jadi ingat kalau salah mengalikan.
Jadi yang sukses di tahun ke 5 adalah 20 % x 20 % yang bertahan di tahun pertama. Jadi benar, hanya 4 % yang bertahan di tahun ke 5.

Pancen angel yoo
Mangkane wong sugih mek sithik (orang kaya itu minoritas )

Saham said...

Menurut saya tidak ada bisnis yang benar-benar gagal, karena dari bisnis yang gagal tsb, kita bisa mendapatkan pengetahuan baru yang akan berguna bagi bisnis kita selanjutnya.