Thursday, March 6, 2008

Action Plan dan Kenyataan

Action Plan adalah kelanjutan dari dream. Sebuah langkah lebih maju dan lebih jelas lagi. Para ahli berkata, "Rencanamu adalah 50 % perjalananmu".
Rasanya kata-kata ini saya anggap kata mutiara. Makanya saya juga membuat action plan 2008. Dan sambil iseng-iseng saya pun membuat action Plan 2009.
Di luar dugaan, ada lembaga keuangan yang berminat membina UKM seperti saya, sehingga mereka menginginkan Business Plan 2008-2010. Saya pun dengan bersemangat (meskipun agak terpaksa) pun membuatnya.
Hasilnya ? Lumayan
Paling tidak saya punya Cetak Biru bisnis saya sampai 3 tahun ke depan.
Saya pun menyiapkan strategi untuk mendapatkan:
1. Permodalan
2. Karyawan
3. Lokasi yang tepat
4. Komposisi bisnis yang cocok
5. Struktur organisasi yang memadai
6. Transformasi ilmu dan hati menuju pencapaian di 2010.

Alhamdulillah, breaktrhough yang pernah saya buat 2 tahun lalu ketika mengikuti workshop di Puncak, hampir mencapai kenyataan. Ini pun tak lepas dari action plan tahun2 lalu.
Memang tidak semua action plan kita bisa terpenuhi. Ada yang gagal, digeser dan lebih baik.

Asalkan semua yang kita lakukan tidak jauh menyimpang dari action plan, maka kita siap melangkah dan melahap tantangan.
Semoga Allah meridhoi langkah kita. Amieen

No comments: