Wednesday, August 22, 2007

Kegagalan adalah bagian dari PROSES

Yang dinamakan entrepreneur, memulai usahanya dengan modal seadanya.Duit pas-pasan. Pengalaman pun Nol. Bidang yang akan digeluti pun tidak belum dikuasai.
Jikalau saya punya duit 3 M, saya akan membeli franchise McDonald atau KFC dan sekelasnya.
Kalau punya modal 500 jt, saya akan membeli franchise yang sudah berjalan dan cukup dengan modal 500 jt.
Kalau punya modal 100 jt atau kurang, mau beli franchise? Nah pilih lah franchise yang benar2 sudah berjalan. Kenapa? ya agar nantinya bisa benar2 berjalan.
Seringnya, yang juga saya alami, punya duit 10 jt atau kurang pingin hasil ratusan juta, bahkan miliaran. Mau dibelikan franchise kok gak ada yang jual. Kalau toh ada, apa bisa melipatgandakan uang saya? Toch akhirnya saya tidak memilih jalur franchise.
Saya mulai buka usaha kecil2an.
Apakah berhasil? Banyak gagalnya dari pada berhasilnya. Sampailah saya menemukan jalan dari proses kegagalan yang pernah saya alami.
Kondisinya, misal saat ini saya pun sudah berhasil, punya modal ratusan bahkan miliaran rupiah, apakah saya tertarik dengan franchise? Tentu masih. Tinggal memilih, mau melanjutkan bisnis yang sudah berjalan atau investasi ke bisnis orang lain.

Kenapa tidak menfranchisekan usaha kita?
...............
Ada orang yang menikmati proses dan ada yang menikmati hasil. Ujung-ujungnya memang kita akan mengejar hasil.
Kalau Anda orang yang suka proses, suka berpetualang dalam bisnis (bukan coba sana-sini, gagal terus gonta-ganti bisnis), maka lanjutkan proses KEGAGALAN Anda, dan ubahkan menjadi KEBERHASILAN.
Selamat berproses !

Salam entrepreneur !

Masbukhin Pradhana

--- In bisnis-smart@yahoogroups.com, Maria Ulfa wrote:>> Salam kenal Pa Ade, saya pernah gagal dlm usaha, saya coba usaha jual spare part dan bengkel motor, tapi semakin hari bukannya untung, malah hrs nombok buat bayar temen2 mekaniknya. Lama2 daripada rugi lbh banyak lbh baik ditutup aja dan spare part yg masih ada dijual borongan ke toko lain. > Ya, itu usaha pertamaku, dan aq rugi banyak. Tapi dari itu aq ambil hikmahnya, aq hrs belajar banyak dr buku, dr org lain, mencoba ngenger (aq ga tahu bhs indonesianya, ngenger : ikut bantu usaha org lain tanpa bayaran atau dibayar sekedarnya untuk belajar) dr org lain> Sekarang aq jg masih dlm proses belajar, meski di otak sdh ada ide usaha, aq putuskan belajar aja dulu aspek2 usaha, dulu aq buka usaha tanpa banyak belajar, bisa dikatakan ada modal, lgs main buka aja, mudah2an ke dpn hasilnya lain> > Kata org kan, kegagalan adalah sukses yg tertunda, asal kita mo selalu mo mencoba lg> > salam,> >
ulfa> >

1 comment:

franchise laundry kiloan said...

FRANCHISE LAUNDRY KILOAN WAROENK LAUNDRY
Kami adalah perusahaan laundry kiloan yang mendedikasikan seluruh gairah, semangat, dan kecintaan kami pada pelayanan dan service yang memuaskan .
Kami adalah perusahaan lokal berjiwa muda yang memanfaatkan bahan baku lokal asli Indonesia dan selalu memberikan sentuhan teknologi disetiap pelayanan .
Kami tawarkan kepada anda yang memiliki keinginan dan kecintaan yang sama dengan kami untuk menjadi mitra kami dan menyongsong kesuksesan bersama .
Kenapa harus invest di Waroenk Laundry ?
> Low investment
> Pasar terbuka lebar
> Bisnis yang awet
> Laundry dengan gabungan konsep teknologi & green
> Perusahaan lokal dengan dedikasi tinggi
Keunggulan :
1. Sistem komputerisasi
2. SATU MESIN SATU PELANGGAN
3. Satu Hari Jadi
4. Free delivery service
5. Pilih wangi sesukamu
6. Bergaransi apek & hilang
7. Open 24 hours
8. Ramah Lingkungan
9. Teknologi filterisasi
10. Mencuci sekaligus beramal
Untuk info lebih lanjut lihat website kami : http://www.waroenklaundry.com
email kami: waroenklaundry@yahoo.com